Selasa, 01 November 2011

Apa itu Web browser ....?????

Web Browser adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer. Awalnya, web browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar.

Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia. Browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengolah bahasa HTML sebahai input dan menjadikan halaman web sebagai output yang informatif.

Contoh web browser antara lain : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, netscape, dll.

Hal yang perlu diketahui dalam penjelajahan internet adalah pemahaman struktur alamat web, misalkan http://www.google.com maka alamat tersebut dapat diartikan :

~ http : service transfer web (protokol)
~ www : jaringan situs web terbesar sebagai pengelola pengalamatan situs web
~ google : nama wilayah (domain) , yaitu nama sebagai institusi sebuah web
~ com : nama akhir domain, biasanya menunjukkan bidang situs tersebut

beberapa domain name :
- co, com : perusahaan komersial
- net : perusahaan networking
- org, or : organisasi nonprofit atau yayasan
- edu, ac, sch : lembaga pendidikan
- mil : lembaga militer

Web Browser berasal dari kata Web dan Browser, browser berarti alat mencari, sehingga web browser dapat diartikan sebagai alat untuk mencari web. Dapat pula dikatakan sebuah Web browser adalah software aplikasi yang dapat membuat user menampilkan dan beriteraksi dengan teks, gambar dan informasi lain yang biasanya diletakkan di halaman web pada Website di orld Wide Web atau di jaringan local.

Teks dan gambar di halaman web dapat berupa hyperlinks ke halaman web lain pada website yang sama atau berbeda. Web browser dapat membatu user dengan cepat dan mudah untuk mengakses informasi yang disediakan pada banyak halaman web di banyak website dengan mengikuti link-link yang ada

Browser-browser yang terkenal yang dapat digunakan pada personal komputer adalah Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera,Netscape, and Apple Safari. Web browser-web browser paling sering digunakan untuk tipe pengguna HTTP. Walaupun browser umumnya digunakan untuk mengakses World Wide Web, mereka dapat juga digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh web server-web server dalam jaringan pribadi atau mengakses konten di sistem file.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar